Senin, 17 Juni 2013

BIKER BAU APEK... !!! Walah....



Salam Persaudaraan... !!!

Mas Bro dn Mbak Sist....

Mari kita Syukuri bersama bahwa kita sebagai mahluk Tuhan yang paling seksi, eh yang paling sempurna diberi satu dari sekian juta keunikan ataupun sifat, beda dengan mahluk lainnya, salah satu hal yang unik itu adalah Berkeringat... tepatnya Keringat yang bermasalah..( karena kalau cuma keringat biasa saja yang dibahas semua mamalia berkeringat)
 
Manusia memang dikatakan paling sempurna dari semua mahluk yang Tuhan ciptakan, kita diberi akal, sehingga tidak hanya pasrah saja terhadap keadaan yang menimpa. Coba ada nggak mahluk Tuhan selain manusia yang suka melakukan kegiatan “Mencari Keringat” betul nggak ?? hehehehe....    

Sebenarnya berkeringat merupakan sebuah cara alamiah mahluk hidup untuk mengeluarkan kotoran selain juga berfungsi sebagai cara untuk mendinginkan/mengatur suhu tubuh (Thermaregulation).
Kalau kita kepanasan baik di dalam ruangan yang tidak ber - AC, sedang beraktifitas atau berolah raga atau siang-siang makan - makanan yang panas dan puedes maka berkeringatlah kita... dan apa yang biasa kita lakukan ? kita akan sibuk  cari angin atau malah membuat angin... hehehe..
Dan kalau suhu tubuh panas karena sedang demam, maka pasti dicari cara supaya suhu tubuh menurun, dicari cara supaya tubuh berkeringat dan apabila sudah timbul keringat, Insya Allah si sakit akan segera sembuh... btw pernah mengalami khan ?? kalau belum pernah, ajukan ke Museum rekor MURI atawa Guiness Book of Record dengan membawa bukti – bukti yang dilegalisir pak Kades.... hahahaha..

Mas Bro dan Mbak Sist, yang semoga tetep bisa berkeringat..
 
Daripada nyari sendiri tentang keringat..Saya copas dari mbah Google (seperti biasa), terus nanya mbak wikipedia dan sumber lain (info-keringat.blogspot.com, dan www.Rexona.co.id) akhirnya didapat :


  1. Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. 
  2. Kelenjar keringat : Apocrine dan Eccrine. Kelenjar Apocrine terletak di area ketiak kita, sangat dekat dengan akar rambut ketiak. Kelenjar ini aktif ketika kita sedang berolahraga dan merasakan emosi yang kuat seperti stres dan khawatir, dan menghasilkan keringat yang kaya akan protein dan lemak. Kelenjar Eccrine terletak di hampir seluruh lapisan kulit kita dan menghasilkan keringat yang mengandung 99% unsur air.
  3. Kandungan utama dalam keringat adalah sodium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).da manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh, walaupun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat berfungsi sebagai pheromon.
  4. Laki-laki lebih sering dan lebih mudah berkeringat daripada wanita.
Nah, Mas Bro, kalau dikaitkan dengan hobby kita, seperti yang sudah saya tulis di atas salah satu penyebab kita berkeringat adalah karena udara panas. Panas itu disebabkan oleh 2 hal yaitu : Panas dari luar dan panas dari dalam..


Panas matahari yang menyengat kemudian juga keringat dari tubuh kita yang terkurung oleh /kaos/jaket atau rompi yang kita pakai semangkin menyebabkan keringat banyak mengalir deras...


Kalau keringat terlalu lama terkurung diantara baju/jaket maka tentu saja bakteri penyebab bau busuk akan sangat cepat berkembang, apalagi dibagian ketek alias ketiak dan bagian lain tubuh kita yang tersembunyi... karena kandungan lemak yang keluar bersama keringat di bagian itu lebih mensupport bakteri cepat berkembang.


Mas Bro n Mbak Sist,

Sebagai Biker yang baik maka  kebiasaan ber-safety first  selalu nomor kita nomor satukan....

Bagaimana tidak akan berkeringat, ketika touring tubuh kita terbungkus ketat,  mulai dari atas,dari helm nempel di kepala dengan tali yang selalu ingat untuk di "KLIK" kan, trus  kacamata menutup mata menghindar dari benda asing yang bisa langsung menerjang bola mata, terus pakai masker yang ,melindungi paru-paru dari radikal bebas asap knalpot dan debu jalanan, terus jaket tebal dan bahkan rompi selain kaos hitam yang ikut membungkus tubuh, terus juga kaos tangan kulit, celana panjang yang tebal/blue or black jeans, termasuk didalamnya yang nggak usah dirinci..., terus kaos kaki dan sepatu touring yang membungkus kaki melindungi jari-jari kaki... lengkap sudah..!! nah kemudian, nggggeeeennngggg.... ngaspal 

Nah sekarang kita bayangkan ngaspalnya di siang hari ditengah terik matahari, di jalan aspal hitam manis, kanan kiri rumah penduduk padat...trus sekilo meter di depan ada truck macet menghalangi jalan, posisi kita ada di paling belakang dan  posisi kendaraan terjepit nggak bisa maju sebelah kanan bis kota, sebelah kiri truk kontainer, depan kita truk sampah muatan penuh sementara teman terdekat sudah tidak terlihat.... terasa badan berenang keringat...  terbayang khan....

Mas Bro n Mbak Sist, kemudian ketika sudah selesai touring atau beristirahat  coba cium badan kita .... hahahahaha.... nikkmmattt khan Mas Bro...... kaos, kaos kaki  dan celana bisa memabokkan  ikan di kolam.... hehehe...

Ini photo Saya Berpose di pagi hari di dekat alun - alun magelang sebelum "gemobyos" keringet... hehehe..



Mas Bro n Sist, terus apakah kemudian biker ketika sedang ngaspal harus wangi ?? ya, silakan saja Mas Bro, nggak ada larangan kok, yang penting bau badan tidak sampai mengganggu perjalanan saja hehehe...

Lantas, adakah cara untuk mengatasi  Bau Badan Biker atau disingkat B3 ?
Kembali mbah Google berperan dan inilah hasilnya ...
  1. Mandi, mandi salah satu senjata terampuh menghilangkan BB, sebelum berangkat usahakan mandi dulu, dan kalau ada waktu dan kesempatan ketika istirahat usahakan mandi juga.
  2. Pakaian yang sudah bekas pakai  walaupun sudah kering tapi belum dicuci jangan dipakai lagi.
  3. Pakai pakaian yang mudah menyerap keringat, gunakan kaos lengan panjang sebelum mengenakan jaket kebesaran... :)
  4. Pakai Deodorant/minyak wangi yang sesuai selera, jangan pakai selera orang lain apalagi minta atau malah mintanya ke Mbak Sist.. bisa-bisa jadi komunitas endaanngg ... hahahaha......    Oh ya, jangan semprot badan yang masih berkeringat dengan deodorant/minyak wangi karena hasilnya tidak akan maksimal dan yang kedua akan boros dan yang ketiga malah nanti badan tambah bau... nggak percaya ? please try at home... wakakakaka...
  5. Perbanyak minum air putih, kalau sedang touring minum air putihnya  dianjurkan lebih banyak...
  6. Perbanyak makan buah dan sayuran yang rendah kolin nya seperti : wortel, mentimun, tomat, lobak, selada, dan kubis mentah. dan buahnya apel, stroberi, pir, jus jeruk, jus anggur, nanas, pisang, blueberry, dan semangka.. btw ingat ya semuanya haru beli atau syukur ada yang ngasih, kalau nggak ya boleh minta.. jangan titik titik ... hehehe...
  7. Hindari  makanan yang menyebabkan bau badan seperti : bawang merah, bawang putih, kari, daging merah,alkohol, yang mengandung kafein, gorengan, susu, hati, telur dan kacang-kacangan..
  8. Nah yang terakhir, kurangi bulu-bulu yang ada ditempat dimana Bau Badan menjadi sumber utama, penjelasan detil, nggak usah... sudah gede semua... :)



Ingat, makan gorengan memang bisa memicu bau badan, So ? don't try this at road... :)



So, Mas Bro n Mbak Sist .......Berkeringat ?? Siapa takut... !!

SALAM SATU ASPAL... !!!

SALAM PERSAUDARAAN... !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar