Jumat, 31 Mei 2013

Touring, Tekhnis bawa barang di motor..

Brother n Sisters... Apa Khabar ? Semoga selalu Luaaar.. Biaasssaaa....

Saya sangat terkejut ketika terpantau banyak sekali Penayangan Blog saya yang menurut data Blogger sudah 1.200 kali tayang... Woooww..
haturnuhun,terimakasih,tengkyu, matur suksma, maturnuwun buat yang sudah baca.. semoga saja bermanfaat... dan tetep mohon koreksinya ya... siapa tahu data yg saya punya rada lawas alias jadul alias ketinggalan zaman.. kalau bahasa kerennya mah CMIIW (koreksyen mi if a yem wrong) please hehehe...

Dengan banyaknya respon tentu saja menjadiken saya semangkin semangad untuk menulis di Blog ini yang baik tengtunya, benar tengtunya, ramah tengtunya, enak dibaca tengtunya dan tengtu saja original.... (kadang suka binun, nulis apa lagi ya.. ? hahahaha... gapapa, ini jadi beban yang baik )

Tulisan saya kali ini memang masih seputar Touring n touring, dan sekarang saya mau nyoba nulis masalah per"tas" an atau per"box"an.. Tapi masalah merk, jenis, bahan dan bentuknya biar yang lain saja yang ngulas.. saya lihat sudah banyak yang nulis/menampilkan (ttg hal itu..)

Bro n Sist yang selalu berharap ada dalam lindunganNya.... Salam Persaudaraan...!!!
(lho kok jadi kayak khotbah Jumat ya..)

Banyaknya barang bawaan di motor kita pastinya tergantung dari jauh dekatnya perjalanan betul nggak ?? ......NGGAK, Salah itu !!! Lho kok ??? hehehehe.. touringnya jarak dekat tidak bawa apa apa tetapi pulangnya buawa buanyak barang bawaan alias oleh - oleh buat yang di rumah...
(Sssttt... biasanya ini sih bukan kita para Brader... tapi kebiasaan para Sister hehehe.... Piss ahh )

Banyak Macam Tas/Box yang baik merk maupun bentuk termasuk wing rack atau tempat menempelkan Tas/Boxnya yang biasanya digunakan para biker ketika melakukan Touring, tetapi Saya tidak akan membahas secara detil namun pada intinya adalah :

1. Tas/Box itu harus tahan air dan kuat, apabila tidak tahan maka kita wajib memberi pelindung yang tahan air (biasanya "pembungkus" / pelindung Tas sudah ada yang dijual terpisah).

2. Bisa dikunci, hal ini selain keamanan juga mencegah supaya ketika di jalan tidak bisa terbuka mendadak... (ya, supaya aman juga ya...?? hehehe...)

3. Kokoh menempel di motor kita/tidak goyang dan miring (baik miring kekiri mupun ke kanan maupun miring ke depan atau malah ke belakang

4. Seimbang dengan motor yang akan kita gunakan. (Kalau ini tidak terlalu kebesaran) dan sesuai kebutuhan kita (kalau bawa barang sedikit atau direncanakan memang pulangnya tidak ada tambahan barang bawaan ya ndak usah pake yang besar..)

5. Apabila sedang Touring sebaiknya hindari membawa Tas Ransel dengan cara digendong di punggung, ditaro di depan dada (dengan maksud supaya menghalangi dada kena angin) atau pake tas yang di slempangkan, karena walaupun isinya sedikit dan beratnya ringan tapi kalau berjam jam bisa saja mengganggu kita dalam berkendara, karena jadi beban tubuh kita namanya juga beban ya Bro ?
Bagi yang touring bawa motor jenis bebek/skutik sebaiknya juga jangan meletakkan tasnya di depan/digantungkan di tempat gantungan yg sudah ada, karena kalau sering terguncang-guncang (apalagi lewat jalan pantura.. ? ), tas/bawaan kita jatuh atau mengganggu konsentrasi kita, kalau terganggu selanjutnya... apalagi kalau touring kita jadi nggak enjoy..bener nggak ??
Jadi ?? kalau ada yang mbonceng biar dia yang bawa saja deh tapi kalau tidak sebaiknya tas tersebut diletakkan di jok belakang aja deh, dan gunakan tali/jaring dan ikat dengan kuat.

Kesimpulan semunya ? SAFETY FIRST ... !!

Ini contoh yang tidak baik...


Tasnya di samping apa nggak bikin miring Mas.. ?



Wah, kalau masuk jari2 roda piye jal ?



Walah apalagi ini... eh, maap mereka sedang nyari duit bukan touring...

Nah kalau ini contoh kalau rouring deket deket sini... cuma sehari pulang pergi...



Tas tangki dengan magnet memang sangat pas dan kokoh nemplok di tangki, tidak mengganggu pengendara juga kalau bawa boncengers dia juga nggak usah nggendong tas...




Kalau ini supaya nambah enjoy, taro dibelakang trus pakai jaring ... gas puol ... nggak cemas, kalau hujan tinggal tutup pake penutupnya/jashujan tas, aman deh..

Nah ini contoh yang baik juga...










Kalau ini Bonus, tekhnik menata barang di Box... hehehe..




SALAM PERSAUDARAAN.... !!!

1 komentar:

  1. 1 lagi pak yg palign penting, tentang pilihan bracket / tatakan box di motor, kalo bisa pilih yg bahannya kuat buat neghindari patah atau bengkok di jalan hehe

    btw salam kenal pak

    BalasHapus