Rabu, 22 Mei 2013

"Pemilu" ala PC (Pulsar Community) Semarang...

Bro n Sist yang luar biasa.. Salam Persaudaraan..

Kenapa kelompok atau kumpulan dibentuk ? Salah satu alasannya karena ada tujuan yang ingin dicapai, bahasa kerennya VISI dan MISI... apa itu Visi dan Misi ? kalau saya baca di mbah google, Visi katanya dari kata Vision adalah pandangan kedepan atau hal-hal yang ingin di capai oleh kelompok atau kumpulan tersebut biasanya hanya tujuan global, sedangkan Misi atau mision adalah suatu hal/cara bagaimana kita untuk mencapai apa yang sudah ditegaskan/ditulis dalam Visi...
Lha trus bagaimana kalau kelompok nya cuma 2 orang ? Ya tetep sama saja... walaupun kelompok sekecil apapun pasti punya visi dan misi walau yang sesederhana apapun, terbayang kalau ada kelompok dibentuk tanpa visi dan misi.. wah.. nggak mungkin lah.. lha terus kalau sudah sadar membentuk kelompok apa yang penting ? Ya jelas pasti memilih pemimpin .. caranya ? Banyaklah, kalau cuma beberapa orang pasti jari telunjuk yang bermain hehehe.. tapi kalau kelompoknya besar ? Nah ini dia , berhubung tiap kepala dalam kelompok punya macam cara tentu saja harus dipilih yang benar-benar mampu dan tentu saja mau dipilih menjadi kepalanya kepala kepala/pemimpin kelompok atau perkumpulan tersebut hehehe...

Saya tulis MAMPU di sini tentu saja ya itu tadi yang bisa menyatukan bermacam-macam rasa dari berkepala kepala dalam kelompok tersebut trus bisa tetap berpegang sama visi dan misi yang sudah disepakati bersama, kalau MAU nya tentu saja dari rasa siap berkorban, siap memimpin, siap dikritik, dan siap siap yang lainnya...

Untuk menjadi MAMPU/Dianggap mampu sebagai pemimpin biasanya (bukan sebuah kepastian) adalah dari Umur, Pendidikan, Senioritas, berjiwa pemimpin, Badan Gede, Ahli, Pinter (nggak tahu pinter apa.. hehehe), loyal, Punya duit agak lebih, banyak temennya, gampang ditemui/dihubungi dan lain lain... Nah kalau untuk menjadi MAU ya seperti yang saya sebut di atas selain terpaksa dengan ikhlas.. hehehe..

Bro n Sist... yang sedang bersama sama menunjukkan bahwa kita bukan Genk Motor..

Sekarang saya akan menceritakan sebuah pengalaman yang luar biasa dengan PEMILU/ Pemilihan Ketua Komunitas Motor PC (Pulsar Community)Semarang yang baru saya ikuti seumur jagung, tapi sebelumnya saya ceritakan sedikit PC atau Pulsar Community Semarang. PC dibentuk sejak tahun 2007 jadi sudah 6 tahun, lha terus kenapa saya ikut gabung PC Semarang ? Terus terang, saya baru setahun domisili di Semarang tapi yang saya tahu hanya lingkungan Apartement (baca : tempat kost ... hehehe) dan Kantor !! Sayang banget khan ? Padahal katanya banyak Saudara/teman banyak rejeki, trus yang kedua karena motor yang saya pilih adalah motor Pulsar.. sudah itu saja !! Nah, salah satu yang asyik adalah ketika bagaimana kita bergaul, mengenal lebih dekat dan tentu saja pengalaman bertouring (ke yogya) walau sekali touring saya merasa tambah pass untuk gabung menjadi anggota PC dengan member no #186 (kayaknya no buncit.. hehehe).

Kembali ke cerita "PEMILU" ala PC...

Ketua PC bisa menjabat untuk masa 2 Periode, dimana 1 periode adalah 3 tahun, , setelah itu maka Ketua PC harus diganti oleh anggota lain.. caranya ? Ini yang unik.. Pemilihan Ketua dilakukan dengan cara :

Langkah pertama
Dari daftar anggota yang ada di FB PC, setiap anggota memilih siapapun anggota lainnya (kecuali Ketua lama dan salah seorang yang ditunjuk sebagai pengurus "KPU") yang menurut dia cocok menjadi ketua berikutnya, cara ini dilakukan dengan mengirimkan sms ke no hp pengurus "KPU" , isi sms pun sangat sederhana, yang ditulis hanya nama dan no anggota dan nama pemilih serta no anggota . Setiap sms yang masuk dicatat sehingga jangan sampai terjadi pemilih double. Setelah berakhirnya waktu pengiriman sms yang sudah ditentukan maka kemudian dipilih 5 (lima) orang yang mendapat suarabterbanyak yang akan menjadi kandidat Ketua PC, hal ini kemudian diinfokan melalui sms center ke semua anggota selain dimunculkan di pesbuk PC..
Selanjutnya tidak ada kampanye / penggalangan kelompok yang ada malah candaan yang muncul ketika kopdar atau berkomentar di status FB.. hehehe..

Langkah kedua..
Setelah semua anggota di sms yang isinya 5 orang yang terpilih lengkap dengan nomornya dan photo2 kandidat beserta no anggotanya dimunculkan di FB PC , selanjutnya dilakukan pemilihan ketua dengan 2 cara, cara pertama adalah melalui sms dengan cara sama seperti langkah pertama di atas namun yang dipilih adalah salah satu dari calon yang sudah terpilih, dan yang kedua adalah melalui pemilihan/pencoblosan langsung yang diselenggarakan setelah akhir masa pengiriman sms, yang sudah kirim sms tidak boleh mengikuti coblosan langsung.. kenapa pakai sms, disinilah betapa fleksibelnya pemilihan ketua PC Semarang, seperti saya, karena keterbatasan waktu dan adanya kepentingan, walaupun saya tidak bisa hadir untuk memilih langsung saya tetap berpartisipasi ikut pemilihan dengan cara berkirim sms... (suer saya sudah minta maaf kok... dan mereka maklum kalaunkita "bulok" alias bujang lokal... hehehe)

Dari hasil pemilihan / pencoblosan langsung layaknya pemilu, akhirnya terpilihlah Bro Eko #002 yang menjadi Ketua... tidak ada rasa tidak puas atau protes dari kandidat yang lain.. semua sangat kondusif memang ada beberapa polisi di sekitar lokasi pemilu tapi tenang saja karena kebetulan pemilu dilaksanakan dekat pos polisi.. hahahaha... btw saya kok tahu ? Ah, sekali sekali sok tahu nggak apa apa khan...

OK , Bro n Sist ternyata dengan bergabung dalam sebuah komunitas yang baik kita akan bertambah ilmu dan pengalaman selain bertambah teman..
Untuk Rekans Pulsar Community, saya salut atas apa yang telah ditunjukkan dalam hal ini ketertiban dalam berkendaraan, rasa solidaritas yang dijunjung tinggi dan tekhnik pemilihan yang luar biasa JURDIL nya... btw kalau saya salah nulis mohon dikoreksi ya...
Buat Ketua baru (kalau di tabloid jadi President) Bro Eko #002, saya yakin PC akan tetap selangkah di depan... eh itu mah punya Yamaha ya ? Laah, gapapa selangkah di depan untuk kebaikan lebih asyik khan... hehehe..

Buat Bro n Sist, terimakasih sudah "membaca" blog saya lagi, walau tulisannya masih belepotan olie tapi semoga bermanfaat.. dan ini ulasan yang ada di tabloid Oto Speed edisi 219/th VIII/ 15-28 Mei 2013





2 komentar:

  1. koreksi mas Pak Tjatur yang bener 2 Periode, bukan 2 tahun. 1 periode = 3 tahun. hehehhe.... TOP deh moga makin sukses nih blognya...

    BalasHapus
  2. Siap Pak "President" hehehe... kesalahan sudah dibetulkan, terimakasih atas koreksinya... Mantap Mas Bro..Tengkyu !!!

    BalasHapus