Senin, 16 September 2013

Touring (terpaksa jalan) malam-malam...

Mas Bro n Sist...

Salam satu Aspal ..
Salam Persaudaraan...

Tulisan ini terinspirasi oleh perjalanan panjang malam hari Touring ke Bromo dan (terinspirasi kembali) pertanyaan dari teman di FB ..

Pertanyaan teman FB yang mengaku baru datang di dunia perbikeran, dia minta saran "bagusnya touring bagaimana ?" Trus, saya koment : "Ya touringnya yang deket deket dulu..." usul saya jelas tapi masih nggak spesifik... dekatnya seberapa ? 10 Km ? 20 Km ? 50 Km ? trus waktunya kapan ? pagi ? siang ? Sore ? ATAU MALAM ? karena setelah saya pikir jawaban saya yang hanya sekelebat saja itu  pasti masih Geje alias Gak Jelas... hehehe..

Mas Bro n Sist...

Ketika saya mulai tertarik sama dunia perbikeran 7-8 tahun lalu, ilmu tentang perturingan yang saya terima sedikit sekali karena selain suhunya sedikit juga inpormasinya juga sedikit juga ... mungkin muridnya juga yang malas bertanya dan mencari ya ?  
Waktu itu  pokoknya motornya sehat, orangnya sehat, duitnya cukup untuk perjalanan ya brangkat...tapi memang jarknya dekat-dekat saja.. paling jauh dari Semarang ke Parangtritis, berangkat Sabtu siang trus sebelum gelap beneran sudah sampai kota yogyakarta  trus  malamnya tidur baru paginya ke TKP, seletelah selesai pulang dan sampai Semarang tiba sebelum maghrib... wis sudah...

Mas Bro n Sist...

Nah kalau ujug-ujug terpaksa harus malam-malam ngaspal bagaimana ?
Tantangan Ngaspal malam hari memang ada plus minusnya.. kalau saya data mungkin seperti ini :

Plusnya dulu ya :
  1. Tidak panas alasannya ya karena matahari bergiliran dengan bulan selain itu juga kendaraan yang biasanya padat merayat nyemburkan asap knalpot berkurang.
  2. Jalanan lancar jaya alasannya kendaraan kurang baik sepeda, sepeda motor, becak, mobil kecuali truk pasir dan bus malam... hehehe
  3. Trus effeknya juga ke kendaraan karena mesin ada pendingin alamnya... hehehe..
  4. Udara jadi agak bersih mungkin kalau touring sendiri masker bisa dilepas asal bisa mengira ngira udaranya bener-bener bersih apa nggak...
  5. Sekarang banyak muncul minimarket yang buka, nah kalau belanja minum / cemilan nggak perlu antri.. hehehe
Kalau minusnya :
  1. Tengtu saja jalananan gelap gulita apalagi kalau luar kota.
  2. Konsentrasi lebih banyak karena ya gelap tadi, arah jalan, rambu2 tidak jelas terbaca,  kondisi jalan tidak nampak jelas, yang menjadi catatan saya di tanah airku tercinta Indonesia ada jalan yang hari bulan kemarin dilewati mulus lus.. lus.. seperti P*** Luna Maya... (P*** = Pipi maksudnya.. hehehe) tetapi sekarang sudah berlubang - lubang malah terkesan ancur seperti kena BOM... hehehe.. 
  3. Kalau ada kendala ban bocor/atau motor mogok, tukang tambal ban atau tukang service banyak yg istirahat karena daripada nungguin satu dua pelanggan lebih baik tidur..
  4. Kalau berombongan dan atribut yang seragam kita kurang, maka akan menjadi kendala juga untuk tetap menjaga dalam satu gerombolan, seperti yang saya alami Bulan Desember 2010 ketika Touring ke Anyer, pukul 8 an malam terjebak di daerah Semanggi Jakarta sampai Bekasi, karena pada waktu itu hujan gerimis dan kita memakai jas hujan yang berbeda - beda, patokan kita waktu itu hanya dari lampu sein kanan yang selalu kita nyalakan... kadang-kadang suara klakson juga.. (kalau ini mah bukan untuk menyingkirkan/meminta jalan dikit ke orang/pengendara lain tapi untuk sinyal teriakan pengganti : "Hoiii.. aku di sini...kalian dimana ??" hehehe..)
  5. Yang paling utama ya jelas NGANTUK...     

So Mas Bro and Mbak Sist...

Jadi lebih baik HINDARI TOURING PADA MALAM HARI...

Tapi kalau ternyata ketika suatu saat kita mau touring dan karena kendala waktu dan jarak kita harus Touring malam hari What I must suppose to do ? ciyee... niru2 vicky ... please setelah baca ini jangan ada kudeta sehingga mepertakut saya, yang nantinya mengakibatkan labilnya ekonomi sehingga mengganggu touringisasi saya ya ? hua hahahahaha...

So, cara yang paling baik untuk meminimalisir hal - hil yang mustahal melakukan Touring malem malem tentu saja persiapan yang mateng.. kalau perlu tiru Om Youk Tanzil dengan RoFA nya tuh...

Yang pertama, Manusianya :
  1. Sering-seringlah jalan jalan pake motor malam hari, kalau perlu beli ini itu ke warung/supermarket usahakan jangan siang hari tapi malam hari kalau perlu tengah malam khan banyak yang buka sampai 24 Jam, trus sering ikut kopdaran atau nganter ortu rapat RT/RW yang memang biasanya dilakukan malam-malam (kalau pagi-pagi namanya kerja bhakti...)
  2. Physik / kebugaran badan harus bener bener fit, flu sedikit saja JANGAN BERANGKAT !! caranya ? ya banyak olah raga, tidur cukup (bukan banyak tidur lho..), makan dijaga (bukan gawang saja yg dijaga), trus kebersihan badan juga di jaga jangan sampai pas naik motor badan gatal2 karena punya panu walau cuma satu ... (satu pungung penuh.. wkkkkk....)
  3. Niat yang kuat dan solidaritas yang tinggi tetep dijaga..
  4. Pelajari/cari informasi tentang situasi jalanan ke arah tujuan, cuaca juga kalau musim hujan tentu saja persiapan harus lebih matang.

Yang kedua, kendaraan dan Perlengkapan pendukungnya.. :
  1. Motor harus fit juga, sebelum berangkat harus masuk bengkel untuk di service lengkap, ganti olie, cek rem, gas, lampu-lampu, klakson, rante, semua perlistrikan, baud dikencengin, cek juga plat nomor masih kokoh nempel.. dll dll..
  2. Lihat juga pajak motor masih berlaku dan surat-surat masih lengkap ? jangan sampai di tengah jalan baru sadar hari itu hari terakhir "nyamsat".. hahahaha....
  3. Kalau dana mencukupi sebaiknyalah menambah peralatan pendukung di motor seperti lampu HID atau lampu Strobo yg tidak melanggar aturan perundangan undangan yg berlaku (UU no 22 Tahun 2009), trus ganti ban dengan ban Tubles.
  4. Untuk Jaket sebaiknya bagian depan dan belakang ada bagian yang ber-fluorisence (nulisnya gimana sih ? pokonya yang bisa menyala kalau tersorot lampu...), Helm juga sebaiknya diberi stiker/Cat yg bisa "menyala" juga.. kalau tidak bisa memakai rompi yg berwarna hijau seperti yg dipakai polisi..
  5. Trus kalau "dopping dopingan" seperti minuman bernergi dll, menurut saya silakan tergantung hati masing masing.. kalau saya biasanya cuma minum kopi saja, saya bawa di termos kecil supaya tetep panas...   
 Mas Bro n Mbak Sist, Itu sekilas tulisan saya.. sekali lagi saya tegaskan bahwa sebaiknya ...
TOURING PADA MALAM HARI SEBAIKNYA DIHINDARI...

Salam Persaudaraan..
Salam Satu Aspal..

WE ARE MANY WE ARE ONE
STOP BICARA PERBEDAAN START BICARA PERSAMAAN
(RING of FIRE INDONESIA)



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar